Denza mewarisi teknologi tinggi BYD dan kemewahan Mercedes-Benz.
Build Your Dreams (BYD), pemimpin global dalam new energy vehicle merayakan perjalanan 30 tahun inovasi teknologi dan komitmennya terhadap masa depan berkelanjutan di kantor pusat BYD yang berada di Shenzhen, Cina. Pada momentum ini juga, BYD mengumumkan rencana peluncuran sub-merek premiumnya yaitu Denza di Indonesia dan Malaysia yang akan segera dilakukan pada kuartal pertama tahun 2025.
“BYD selalu berpegang teguh pada prinsip inovasi teknologi dan misi untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi planet kita. Komitmen BYD terhadap energi berkelanjutan tercermin dalam ‘tiga impian hijau’ yang diusung sejak tahun 2008, yaitu energy acquisition, energy storage & energy utilization,” ungkap Mr. Liu Xueliang, General Manager BYD Asia-Pacific Auto Sales Division.
Perjalanan BYD dimulai 30 tahun lalu, yakni pada tahun 1994 sebagai produsen baterai isi ulang. Kolaborasi awal dengan perusahaan raksasa teknologi seperti Motorola dan Nokia mengukuhkan reputasi BYD di industri elektronik. Dua dekade lalu, BYD memasuki industri otomotif dengan memanfaatkan keahliannya dalam teknologi baterai untuk menghadirkan solusi mobilitas yang lebih baik. Pada tahun 2004, BYD memperkenalkan mobil konsep pertamanya, ET, di Pameran Otomotif Internasional Beijing. Pada tahun 2008, BYD meluncurkan F3DM, kendaraan listrik plug-in hybrid pertama yang diproduksi secara massal.
Pada tahun 2010, BYD meluncurkan strategi transportasi publik ramah lingkungan dengan memperkenalkan taksi listrik E6. Kini, solusi transportasi publik BYD telah hadir di lebih dari 17 negara dan wilayah. Pada saat itu, BYD memiliki visi inovatif seperti kontrol independen pada setiap roda yang memungkinkan kendaraan berbelok seperti tank dan akhirnya diwujudkan pada model Yangwang U8.
Di dunia, BYD telah mencapai volume penjualan melebihi 500.000 unit hanya pada bulan Oktober 2024 dan mencatat lebih dari 11.000 unit terjual di Indonesia dalam waktu 5 bulan. Sejalan dengan keberhasilan itu, BYD juga akan memasarkan Denza, brand premium BYD di Indonesia. “BYD optimis bahwa Denza akan diterima dengan baik juga di Indonesia. Kami berharap Denza dapat menjadi angin segar dan menciptakan sejarah baru di Indonesia,”
kata Mr. Liu Xueliang, General Manager BYD Asia-Pacific Auto Sales Division.
Pada tahun 2010, BYD dan Mercedes-Benz mendirikan joint venture dengan kepemilikan saham 50-50, melahirkan merk Denza. Denza menggabungkan teknologi tinggi BYD dengan warisan kemewahan Mercedes-Benz untuk menciptakan merek yang lebih unggul. Setelah restrukturisasi kepemilikan saham pada tahun 2021 dan 2024, Denza kini menjadi merek yang 100% dimiliki oleh BYD.
Kesuksesan Denza ditandai dengan peluncuran D9, MPV mewah yang meraih sambutan positif di pasar global. “Denza menggabungkan teknologi canggih BYD dengan warisan kemewahan Mercedes-Benz,” kata Alex Ai, Vice President of the Auto Engineering Research Institute dan Dean of the Denza Research Institute.