Toyota kembali menggoda penggemar Supra menjadi semakin penasaran. Supra edisi 2025, diproduksi terbatas dan saat ini hanya beredar di Jepang.
Toyota Gazoo Racing (TGR) mengumumkan bahwa Supra RZ Grade 3.0 liter yang telah ditingkatkan sebagian dan Supra edisi khusus “A90 Final Edition” dijual di dealer-dealer Toyota di seluruh Jepang, mulai 21 Maret 2025. Periode pendaftaran peminat berlangsung hingga 13 April 2025. Pemenang akan diumumkan pada 9 Mei 2025. Supra RZ Grade dan Supra edisi khusus “A90 Final Edition” akan dipamerkan di AUTOBACS SUPER GT Round One 2025, di Sirkuit Internasional Okayama di Jepang, 12-13 April 2025.
Model Supra kembali diproduksi Toyota Gazoo Racing yang dipimpin Akio Toyoda pada tahun 2019. Sejak saat itu, Supra terus dikembangkan, dengan model yang sebagian ditingkatkan dirilis pada tahun 2020 dan 2022. Model tahun 2025 diperbarui dengan sistem transmisi yang ditingkatkan untuk mengurangi mobil nyelonong (understeer) saat menikung. Pengendalian yang lebih baik dan kinerja pengereman ditingkatkan.
Dari segi eksterior, Supra RZ Grade diperbarui dengan stabilizer depan yang diperkuat agar pengendalian presisi. Struktur penyangga lantai bawah belakang juga diperkuat untuk meningkatkan rigiditas. Power steering elektrik dioptimalkan, sehingga begitu setir ditekuk, roda langsung berbelok tanpa tertunda. Menikung jadi lebih cepat.
Di dalam interior, pusat perhatian terletak pada jok pengemudi yang dilapisi Alcantara bersulam “GR”. Tuas transmisi dibuat lebih keren dengan jahitan baru, diserasikan dengan sabuk pengaman warna merah untuk menonjolkan kesan sporty.
Untuk Supra edisi khusus “A90 Final Edition”, kontrol mesin dioptimalkan, tenaga melonjak dari 285 kW (382 bhp) menjadi 320 kW (429 bhp) dan torsi dari 500 Nm menjadi 570 Nm. Performa pendinginan ditingkatkan dengan memperkuat kipas radiator, menambahkan sub-radiator, dan memperbesar sirip pendingin penutup roda gigi diferensial. Performa ganas itu diimbangi dengan ban Michelin Pilot Sport Cup 2 (19 inci di depan dan 20 inci di belakang) diukir dengan logo TGR dan 10 mm lebih lebar dari ban Supra konvensional. Menikung sambil ngebut jadi pengalaman yang menantang.
Di dalam, jok full-bucket serat karbon dengan bantalan jok berlapis Alcantara menahan tubuh dengan kuat. Setir, trim pintu, pelindung lutut konsol tengah, sandaran lengan tengah, kenop tuas pemindah gigi dan bagian tengah panel instrumen dilapisi Alcantara. Sabuk pengaman berwarna merah dan pelat scuff serat karbon eksklusif menyempurnakan eksklusivitas Supra edisi terbatas ini.
Penasaran? Nikmati foto-foto yang dirilis Toyota Gazoo Racing!