topdriver.id

CAR

Bertepatan dengan pamitnya Nissan GT-R R35, Xiaomi merilis SU7 Ultra

Xiaomi SU7 Ultra

Nissan Cabut, Xiaomi Masuk

Xiaomi menjagokan SU7 Ultra bertenaga lebih dari 1.000 dk. Super car kebanggaan Tiongkok.

Tepat saat Nissan Jepang berhenti menerima pesanan untuk GT-R R35, Xiaomi SU7 Ultra memasuki pasar kendaraan listrik (EV) berperforma tinggi. Dongfeng Nissan mengucapkan selamat kepada Xiaomi atas peluncuran SU7 Ultra, mengenang kesuksesan GT-R di Nürburgring, tepat 1 Maret 2025.

 

Sehari setelahnya, CEO Xiaomi, Lei Jun mengucapkan terima kasih kepada Nissan, memuji GT-R sebagai mobil legendaris, dan berkomitmen untuk menantang pesaing papan atas seperti Porsche di era listrik. Berambisi memantapkan posisi sebagai jagoan super car?

 

Diluncurkan di Tiongkok dengan harga awal sekitar US$ 72.830 (Rp1,2 miliar), SU7 Ultra menyimpan tenaga 1.526 dk dan akselerasi 0-100 km/jam hanya 1,98 detik! Ini yang membuat konsumen berhasrat untuk memiliki dan berlomba-lomba melakukan pemesanan (inden).

 

Pada hari pengujian, inden untuk SU7 Ultra sudah mencapai  20 minggu dan SU7 Ultra dengan kap serat karbon buatan tangan, inden 41 minggu! Apa hebatnya SU7 Ultra hingga membius konsumen?

Varian SU7 Ultra tampil sangar, jauh berbeda dengan pendahulunya SU7 Max  dengan spoiler depan yang lebih besar, rem yang ditingkatkan, dan bodi yang lebih lebar. Detailnya meliputi emblem emas 24 karat di bagian depan, yang menambah kesan eksklusif.

 

Desain aerodinamis yang memastikan stabilitas dan performa, bahkan pada kecepatan ekstrem. Roda 21 inci dengan ban Pirelli P Zero 5. Cakram rem keramik karbon 430 mm (depan)—terbesar yang pernah dipasang pada mobil sport. Rem belakang cakram 410 mm, kaliper depan 6 piston Akebono dan kaliper belakang 4 piston, memastikan daya henti yang luar biasa. Xiaomi mengklaim SU7 Ultra dapat mengerem dari 100 km/jam hingga berhenti dalam jarak 30,8 meter.

 

Interior memadukan kemewahan dan performa, dihiasi dengan serat karbon pada jok depan, konsol tengah, kusen pintu, roda kemudi dan atap. Penggunaan serat karbon yang ekstensif ini meningkatkan estetika sporty mobil dan berkontribusi pada pengurangan berat sebesar 12 kg.

 

Jok sporty berlapis Alcantara, juga membungkus setir, panel pintu dan dasbor. Alcantara 50% lebih ringan daripada kulit tradisional, sehingga meningkatkan performa dinamis mobil. Jok depan memiliki fungsi pijat 10 titik.

 

Pusat perhatian mobil ini adalah layar OLED besar di konsol tengah, dilengkapi dengan tampilan head-up augmented reality. SU7 Ultra mendukung kontrol dan pengenalan suara. Fitur penting lainnya termasuk bantalan pengisi daya ponsel nirkabel ganda 50W, kaca dua lapis untuk keempat pintu, 25 speaker, termasuk speaker kursi pengemudi independen, dan pendingin/penghangat minuman, yang opsional dengan biaya tambahan US$275 (Rp4,4 juta).

 

Tenaga yang besar dihasilkan dari tiga motor, memastikan SU7 Ultra selalu siap untuk mengeluarkan potensi penuhnya. Di jalan raya, SU7 Ultra terasa seperti predator yang siap menyerang. Saat mode sport, SU7 Ultra berubah menjadi monster yang berbeda. Respons gas menjadi sangat tajam dan suspensi menjadi kaku, memberikan nuansa yang lebih terhubung ke jalan.

 

Wuuuzzzz, nyaris menderu tanpa suara dan hilang seketika!

Tampang sadis

Spoiler dan diffuser besar, untuk membantu down force dari mesin bertenaga lebih dari 1.000 dk

Interior khas Tiongkok: layar besar